Tulamben, Wisata Bawah Laut Di Bali




Tulamben terletak di Kabupaten Karangasem,sudah sangat terkenal di kalangan penyelam domestik maupun mancanegara. Apa yang membuat Tulamben begitu terkenal? Tak lain adalah kemudahan dan kekayaan biota laut yang ditawarkan oleh tempat penyelaman ini. Ditambah dengan bangkai Kapal USS Liberty yang sangat mudah diakses dan menyajikan berbagai mahluk bawah laut mulai dari yang kecil seperti siput laut, kepiting dan udang, ghost pipefish dan pygmy seahorse sampai yang besar seperti hiu, ikan Mola mola, dan lain lain. Tulamben menawarkan situs penyelaman yang sesuai untuk kursus penyelaman, penyelaman santai (fun dive) dan fotografi bawah air. Berikut adalah beberapa situs penyelaman yang ada di Tulamben:

Bangkai kapal USS Liberty

Terkenal sebagai salah satu tempat menyelam di bangkai kapal yang paling mudah diakses di dunia. Akses dari pantai ke bangkai kapal USS Liberty hanya 30 meter dari pantai dengan kedalaman maksimum sekitar 30 meter. Penyelaman diawali dengan sambutan surgeonfish yang sangat jinak dan tak jarang di tengah penyelaman ditemukan segerombolan bumphead parrotfish, seekor great barracuda dan berbagai siput laut yang warnanya sangat cantik.

Tulamben Wall (Drop Off)

Pada mulanya Tulamben Wall atau yang dikenal dengan nama Drop Off hanya menjadi alternatif bagi pada operator selam untuk penyelaman kedua setelah USS Liberty. Namun pada perkembangannya ternyata Tulamben Wall ini memiliki karakteristik khusus yang tidak kalah menariknya dibandingkan dengan USS Liberty. Wall yang dasarnya di kedalaman sekitar 60-70 meter ini menjadi ajang ujian bagi para penyelam technical dan hewan-hewan bawah air yang berukuran besar seperti hiu karang ataupun hiu martil pernah ditemui oleh banyak penyelam di kedalaman ini. Di bagian atas, terumbu karang warna-warni menjadi perpaduan yang menarik dengan ikan serta mahluk-mahluk laut yang berwarna-warni pula. Di samping pemandangan bawah laut yang indah, Drop Off juga menawarkan berbagai temuan objek makro yang jenisnya sangat beragam.

Paradise Reef

Penyelaman biasanya dimulai di sebelah utara dari Resor Paradise, di kedalaman 3-4 meter akan ditemukan terumbu karang buatan yang kerangkanya berbentuk pesawat. Beberapa pemandu selam menyebutnya sebagai Aeroplane Wreck. Di sini seringkali ditemukan berbagai siput laut, shell dan berbagai jenis kepiting dan udang. Tempat yang ideal untuk penyelaman malam karena dangkal dan kehidupan malam bawah airnya cukup beragam. Menyelam ke arah selatan akan membawa anda ke tempat di mana gugusan terumbu karang baik keras maupun lunak dalam keadaan sehat dan berwarna-warni disertai berbagai jenis ikan karang yang tak kalah cantiknya. Jika anda ingin melihat Ribbon Eel, di sinilah tempat yang paling cocok untuk mencarinya.

Matahari Reef

Persis di depan Matahari Tulamben Resort, ternyata di setiap gugusan terumbu karang kecil (patch) selalu ditemukan beraneka ragam mahluk langka. Merupakan tempat yang baik untuk berlatih fotografi bawah air. Safety stop di daerah dangkal merupakan tempat yang menarik untuk melihat keindahan dan warna warni terumbu karang serta berbagai jenis ikan yang cocok untuk dipakai sebagai objek foto wide angle.

Seraya

Surga bagi para fotografer makro bawah air. Harlequin shrimp dan kuda laut merupakan bagian dari objek foto sehari-hari. Di samping itu banyak sekali objek makro yang langka yang ditemukan di sini seperti berbagai jenis siput laut dan mimic octopus serta berbagai kepiting dan udang yang cantik dan langka. Dapat diakses dari Tulamben dengan jukung (perahu nelayan tradisional) atau dengan jalan darat sekitar 5 menit ke arah selatan.

Kubu

Sekitar 15 menit perjalanan darat ke arah utara dari Tulamben, belok ke arah kanan, akan ditemui sebuah situs penyelaman yang cukup menarik. Terumbu karang cukup sehat dan banyak jenis ikan ditemui. Pada tahun 2003, pernah ditemukan sekitar 8-10 pygmy seahorse hidup di dalam 1 sea fan.

Comments (0)

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar !!!!